Jumat, 29 September 2017

Artificial Intelligence Game

Pengertian Kecerdasan Buatan
      Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI biasanya dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua  bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.      

Sejarah Artificial Intelligence dalam Game
        Pada tahun 1769, dataran Eropa dikejutkan dengan suatu permainan catur yang dapat menjawab langkah-langkah permainan catur yang belum ditentukan terlebih dahulu. Mesin ini disebut dengan Maelzel Chess Automationdan dibuat oleh Wolfgang Von Kempelan (1734-1804) dari Hungaria. Akan tetapi mesin ini akhirnya terbakar pada tahun 1854 di Philadelphia Amerika Serikat.banyak orang tidak percaya akan kemampuan mesin tersebut. Dan seorang penulis dari Amerika Serikat, Edgar Allan Poe (1809-1849) menulis sanggahan terhadap mesin tersebut, dia dan kawan-kawannya ternyata benar, bahwa mesin tersebut adalah tipuan, dan kenyataannya bukanlah aoutomation, tetapi merupakan konstruksi yang sangat baik yang dikontrol oleh seorang pemain catur handal yang bersembunyi di dalamnya.

Usaha untuk membuat konstruksi mesin permainan terus dilanjutkan pada tahun 1914, dan mesin yang pertama kali didemonstrasikan adalah mesin permainan catur. Penemu mesin ini adalah Leonardo Torres Y Quevedo, direktur dari Laboratorio de Automatica di Madrid, Spanyol. Beberapa tahun kemudian, ide permainan catur dikembangkan dan diterapkan di komputer oleh Arthur L. Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut oleh Claude Shannon.

Penerapan Kecerdasan Buatan Pada Game
        Game mempunyai karakter yang dikontrol oleh user, dan karakter lawan yang dikontrol oleh game itu sendiri dan bisa oleh user lainnya. Dimana kita harus merancang aturan-aturan yang nantinya akan dikerjakan oleh karakter lawan. Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan Game adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Hal ini akan memancing penasaran user dan membuat game menarik untuk dimainkan. Tujuan intinya adalah membuat non-player memiliki strategi yang cerdas untuk mengalahkan user atau plyer. Pada bidang ini,  AI dibutuhkan, yaitu untuk merancang dan menghasilkan game yang bisa berinteraksi dengan player serta antarmuka antara man-machine yang cerdas dan menarik untuk dimainkan. Contoh media interaksi ialah:
1.      Penglihatan (vision)
2.      Suara (voice), ucapan (speech)
3.      Gerakan anggota badan ( gesture)
Dengan perkembangan zaman kercerdasan buatan di buat semakin dekat dengan kebidupan manusia yang membuat kemudahan dan bisa juga sebagai hiburan contohanya dalam bidang game. Oke setelah membuka dengan membahas kecerdasan buatan pada game, saya akan memberi contoh penerapan AI pada game berikut contohnya :

Mobile Legends
      Mobile Legends termasuk game MOBA, moba merupakan kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena. Secara harafiah, dapat diartikan sebagai pertempuran dalam suatu arena yang dilakukan oleh beberapa pemain secara online. Terdengar aneh? Hal tersebut wajar, karena sampai saat ini istilah “MOBA” masih diperdebatkan penggunaannya oleh beberapa orang, di mana mereka lebih memilih menggunakan istilah ARTS (Action Real Time Strategy). dan pastinya game mobile legends mengunakan kecerdasan buatan untuk membuat interaksi antar user sehingga sensasi pertarungan semakin terasa, dan dengan adanya tim pada sebuah pertandingan sangat membutuhkan strategi untuk memenangkan permainan.
sekian pembahasan saya terimakasih.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
http://arifshofwan.blogspot.co.id/2016/03/artificial-intelligence-pada-sebuah-game.html
http://blog.rumahproject.com/2016/11/27/contoh-penerapan-kecerdasan-buatan-ai-dalam-kehidupan/





1 komentar:

  1. Tiara Ceramic Jewelry, Ceramic Necklace, and T-Shirt
    Tiara Ceramic Jewelry, Ceramic Necklace, and T-Shirt. titanium ore The titanium tent stakes jewelry price of titanium collection includes one t-shirt, an oversized white print, a gold piece titanium rod of apple watch titanium clothing,

    BalasHapus