Pengertian Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan
berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit
dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan
mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari
kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang
dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan
efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana
wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI biasanya dihubungkan dengan Ilmu
Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika,
Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk
mengkombinasikan pengetahuan dari semua
bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya
menciptakan suatu kecerdasan buatan.
Sejarah Artificial
Intelligence dalam Game
Pada tahun 1769,
dataran Eropa dikejutkan dengan suatu permainan catur yang dapat menjawab
langkah-langkah permainan catur yang belum ditentukan terlebih dahulu. Mesin
ini disebut dengan Maelzel Chess Automationdan dibuat oleh Wolfgang
Von Kempelan (1734-1804) dari Hungaria. Akan tetapi mesin ini akhirnya
terbakar pada tahun 1854 di Philadelphia Amerika Serikat.banyak orang tidak
percaya akan kemampuan mesin tersebut. Dan seorang penulis dari Amerika Serikat, Edgar
Allan Poe (1809-1849) menulis sanggahan terhadap mesin tersebut, dia dan
kawan-kawannya ternyata benar, bahwa mesin tersebut adalah tipuan, dan
kenyataannya bukanlah aoutomation, tetapi merupakan konstruksi yang sangat baik
yang dikontrol oleh seorang pemain catur handal yang bersembunyi di dalamnya.
Usaha untuk membuat
konstruksi mesin permainan terus dilanjutkan pada tahun 1914, dan mesin yang
pertama kali didemonstrasikan adalah mesin permainan catur. Penemu mesin ini
adalah Leonardo Torres Y Quevedo, direktur dari Laboratorio de
Automatica di Madrid, Spanyol. Beberapa tahun kemudian, ide permainan
catur dikembangkan dan diterapkan di komputer oleh Arthur L.
Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut oleh Claude Shannon.
Penerapan Kecerdasan Buatan Pada Game
Game mempunyai karakter yang dikontrol oleh
user, dan karakter lawan yang dikontrol oleh game itu sendiri dan bisa oleh
user lainnya. Dimana kita harus merancang aturan-aturan yang nantinya akan
dikerjakan oleh karakter lawan. Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi
pemain dengan Game adalah pada
penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia
untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Hal ini akan memancing penasaran user dan
membuat game menarik untuk dimainkan. Tujuan intinya adalah membuat non-player
memiliki strategi yang cerdas untuk mengalahkan user atau plyer. Pada bidang ini, AI dibutuhkan, yaitu untuk merancang dan
menghasilkan game yang bisa berinteraksi dengan player serta antarmuka antara
man-machine yang cerdas dan menarik untuk dimainkan.
Contoh media
interaksi ialah:
1.
Penglihatan (vision)
2.
Suara (voice), ucapan
(speech)
3.
Gerakan anggota badan (
gesture)
Dengan
perkembangan zaman kercerdasan buatan di buat semakin dekat dengan kebidupan
manusia yang membuat kemudahan dan bisa juga sebagai hiburan contohanya dalam
bidang game. Oke setelah membuka dengan membahas kecerdasan buatan pada game,
saya akan memberi contoh penerapan AI pada game berikut contohnya :
Mobile Legends
Mobile
Legends termasuk game MOBA, moba merupakan kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena.
Secara harafiah, dapat diartikan sebagai pertempuran dalam suatu arena yang
dilakukan oleh beberapa pemain secara online. Terdengar aneh? Hal tersebut wajar, karena sampai saat ini
istilah “MOBA” masih diperdebatkan penggunaannya oleh beberapa orang, di mana
mereka lebih memilih menggunakan istilah ARTS (Action Real Time Strategy). dan
pastinya game mobile legends mengunakan kecerdasan buatan untuk membuat
interaksi antar user sehingga sensasi pertarungan semakin terasa, dan dengan
adanya tim pada sebuah pertandingan sangat membutuhkan strategi untuk
memenangkan permainan.
sekian pembahasan saya terimakasih.
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
http://arifshofwan.blogspot.co.id/2016/03/artificial-intelligence-pada-sebuah-game.html
http://blog.rumahproject.com/2016/11/27/contoh-penerapan-kecerdasan-buatan-ai-dalam-kehidupan/
Tiara Ceramic Jewelry, Ceramic Necklace, and T-Shirt
BalasHapusTiara Ceramic Jewelry, Ceramic Necklace, and T-Shirt. titanium ore The titanium tent stakes jewelry price of titanium collection includes one t-shirt, an oversized white print, a gold piece titanium rod of apple watch titanium clothing,