Kamis, 06 April 2017

Teknologi Penunjang Kehidupan Sehari-hari

Di era modern ini pasti semua kalangan tidak bisa terlepas dari yang namanya internet kebutuhan itu semakin hari semakin dibutuhkan oleh kantor, rumahan, sekolahan dan instansi lainnya. Semua itu pasti membutuhkan tidak hanya layanan kecepatan akses tapi juga kemudahan dalam pemasangan sambungan internet, di situlah muncul ISP (internet service provider) perusahaan penyedia jasa sambungan internet. ISP juga mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Media koneksi yang paling umum digunakan oleh ISP adalah menggunakan :
1.        Wire Kabel.
Kabel telepon, kabel coaxial, kabel fiber optic, kabel listrik, kabel UTP, pokoknya kabel.
2.        Wireless
Tidak menggunakan banyak kabel. Kabel tetap digunakan namun sebagian besar jalur koneksi menggunakan frekuensi. Biasanya menggunakan frekuensi yang dibebaskan penggunaannya di suatu Negara. Di Indonesia frekuensi yang bebas digunakan adalah frekuensi 2,4Ghz. Jadi dari pelanggan akan menggunakan radio wireless dengan frekuensi 2,4Ghz untuk berhubungan dengan ISP mereka.
Jenis Layanan ISP (Internet Service Provider) 
1.    Dial-Up Connection
Dial-UP Connection ialah suatu cara melalui modem atau kabel telpon yang pada umumnya digunakan untuk melakukan akses internet di rumah. Dial-Up ialah sebuah koneksi yang sifatnya sementara. Meskipun penggunaan akses dial-up ini seperti: personal diap-up;corporate dial-upnight server accesLAN dial-up ISDN.
2.    Dedicated Connection
Dedicated Connection yaitu salah satu jenis koneksi yang sifatnya tetap dalam 24 jam dan kebanyakan digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang banyak menggunakan suatu kebutuhan koneksi internet dan digunakan oleh banyak komputer.
3.    Hotspot
Hotspot salah satu jenis layanan internet tanpa menggunakan suatu kabel seperti dial-up. Hotspot biasanya digunakan pada tempat-tempat tertentu misalnya seperti di cafe, kantin, bandara, tempat-tempat nongkrong, dan lain sebagainya.
4.    Wireless
Wireless yaitu salah satu jenis layanan internet tanpa sebuah kabel. Layanan akses internet ini tidak dipungut biaya telepon, tapi hanya dikenakan tarif atau biaya sebuah pemakaian internetnya saja.
5.    Mobile Access
Mobile Access yaitu Sebuah layanan untuk mengakses internet yang bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui perangkat Handphone atau telepon seluler. jenis Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung suatu kecanggihan teknologi ini, baik GSM maupun CDMA.
Berikut daftar beberapa ISP yang ada di indonesia :
·         3GNet → Situs web
·         AudiaNet → Situs web
·         BENINGNET → Situs web
·         BiGnet → Situs web
·         BITNET → Situs web
·         BIZNET → Situs web
·         BUMINET → Situs web
·         CABINET → Situs web
·         CBN → Situs web
·         CENTRIN → Situs web
·         CENTROTECH → Situs web
·         Central Online (CLINE) → Situs web
·         Channel-11.Net → Situs web
·         CROSS NETWORK INDONESIA → Situs web
·         CYBERNET → Situs web
       Masing-masing ISP mempunyai pelayanan dan biaya tersendiri semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tinggal kita saja yang memilih yang mana.

0 komentar:

Posting Komentar